ShoutMix chat widget

selamat datang di genjixfm radio?
Klik di sini (Info Lebih Lanjut)

Jumat, 23 Juli 2010

Jam digital dengan AT89s51




Untuk ujian kompetensi kejuruan anak-anak SMK Elektronika Industri. Beberapa bulan yang lalu saya buat prototype Jam digital. Lumayan lah untuk pemula di mikrokontroler.
Cuma itu lho pengawatan untuk bagian display agak ruwet..... Jadi terlihat nggak rapi
lihat tuh....


Untuk mikrokontroler aslinya menggunakan at89c2051, karena waktu itu kita belum punya downloader untuk IC ini , maka terus diganti dengan at89s51. tinggal merubah kaki-kakinya dengan menyesuaikan port2nya.
sebenarnya dengan AT89s51, akan banyak pin-pin yang tersisa dan ukuran rangkaian menjadi lebih besar.
Satu kelemahan dari rangkaian ini adalah tidak adanya RTC, sehingga jika catu daya terlepas maka display jam kembali reset. Kita harus mengeset kembali sesuai jam sekarang.
Kelemahan di atas bisa diatasi dengan memasang battery backup, khusus pada MCU nya saja. Sehingga ketika Listrik PLN mati, MCU tetap running, dan setelah listrik hidup lagi maka display akan tetap menunjukkan waktu sekarang.
Pada proyek ini digunakan Seven Segment ukuran 1 inchi, dan bisa dicatu dengan tegangan standart 5 V. Terakhir kita gunakan seven segmen 3 inchi, dengan peneyesuaian tegangan catu daya. Yang 3 inchi ini tegangannya sekitar 8-9 Volt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar